Beranda > Pemrograman > Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman

Start 2Dalam komunikasi sehari-hari seorang harus berbicara dalam bahasa yang sama dengan orang tersebut. Hal ini berlaku juga untuk berkomunikasi dengan komputer. Kita harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk memberikan suatu instruksi. Pada dasarnya komputer adalah sebuah mesin digital, artinya komputer hanya mengenal kondisi adanya arus (dilambangkan sebagai angka 1) atau tiadanya arus (dilambangkan sebagai angka 0). Dengan kata lain sandi 1 dan 0 harus digunakan untuk melakukan pemrograman. Sandi tersebut dikenal sebagai bahasa mesin. Kita dapat membayangkan bagaimana sulitnya menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa pemrograman.

Pemrograman dengan bahasa mesin / assembly untuk banyak orang masih dirasakan terlalu sulit. Karena hal tersebut akhirnya dikembangkan suatu bahasa pemrograman yang lebih mudah digunakan. Bahasa pemrograman ini menggunakan bahasa generasi ketiga atau disingkat 3GL, biasa juga disebut sebagai high-level language. Contoh dari bahasa ini adalah bahasa Basic, Pascal, C, C++, COBOL, dan sebagainya. Bahasa generasi ketiga biasanya menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris karena bahasa inggris merupakan bahasa internasional. Sebagai contoh:

writeln(‘Hallo’); {Bahasa Pascal}

printf(“Hallo”); // Bahasa C

cout << “Hallo” << endl; // Bahasa C++

Ketiga pernyataan diatas bertujuan sama yaitu menuliskan teks “Hallo” ke keluaran standar, biasanya yaitu ke layar komputer. Ketiga perintah sederhana diatas sebenarnya terdiri dari puluhan atau mungkin ratusan pernyataan assembly/mesin. Perangkat lunak yang dapat menterjemahkan program dalam bahasa yang mudah dipahami manusia ke dalam bahasa mesin disebut compiler. Compiler akan menterjemahkan semua perintah kedalam bahasa mesin kemudian menjalankan hasil terjemahannya. Hasil terjemahan, untuk selanjutnya disebut sebagai binary file, ini disimpan dalam file atau memori. Contoh bahasa pemrograman yang menggunakan compiler adalah adalah Pascal, C, dan C++.

Perkembangan bahasa pemrograman tidak hanya sampai pada generasi ketiga saja. Ada generasi lanjutan bahasa pemrograman yaitu 4GL (fourth generation language). Bahasa ini banyak digunakan untuk pengembangan aplikasi database. Salah satu contohnya adalah SQL (structured query language). Pada bahasa ini perintah yang diberikan lebih manusiawi misalnya : “Select Name, Address from Employee” untuk mengambil data Nama dan Alamat dari tabel Karyawan.

Dalam melakukan suatu kegiatan, siapapun memerlukan langkah-langkah yang harus dilalui. Demikian juga dengan pemrograman komputer. Urutan-urutan langkah yang disajikan disini tidak bersifat mutlak artinya tidak harus melakukan dari langkah pertama, kedua dan selanjutnya. Ada beberapa langkah yang mungkin atau harus diulang sampai beberapa kali. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemrograman komputer :

  1. Mendefinisikan masalah. Langkah pertama ini sering kali tidak dilakukan oleh banyak pemrogram. Begitu mendapat perintah untuk membuat suatu program, mereka langsung menulis programnya tanpa mendefinisikan masalahnya terlebih dahulu.
  2. Menentukan solusi. Setelah masalah didefinisikan dengan jelas, masukan apa yang diberikan sudah jelas, keluaran apa yang diinginkan sudah jelas, langkah selanjutnya adalah mencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Apabila permasalahan terlalu kompleks, biasanya kita harus membaginya kedalam beberapa modul kecil agar lebih mudah diselesaikan. Sebagi contoh, program untuk menghitung invers matriks, dapat dibagai menjadi beberapa modul kecil. Modul pertama adalah meminta masukan dari pengguna berupa matriks bujursangkar. Modul kedua adalah mencari invers matrik yang dimasukkan pengguna. Modul terakhir adalah menampilkan hasilnya kepada pengguna.
  3. Memilih algoritma. Langkah ini merupakan salah satu langkah penting dalam pemrograman komputer. Pemilihan algoritama yang salah akan menyebabkan program tidak dapat berjalan dengan baik.
  4. Menulis program. Pada langkah ini program harus benar-benar dituliskan pada komputer untuk memecahkan masalah yang diberikan. Untuk menulis program sangat disarankan untuk menggunakan bahasa generasi ketiga atau keempat. Penulisan program dengan menggunakan bilangan biner atau dengan assembly akan sangat sulit.
  5. Menguji program. Setelah program selesai ditulis, program tersebut harus diuji. Pengujian meliputi : keberhasilan kompilasi, keberhasilan output dan keberhasilan pemecahan kasus.
  6. Menulis dokumentasi. Hal ini biasanya dilakukan bersamaan dengan menulis program. Artinya pada setiap baris program , atau setiap beberapa baris program dilakukan penulisan komentar. Dokumentasi merupakan hal yang sangat penting. Dokumentasi diperlukan terutama pada saat akan melakukan perubahan program atau membaca program yang sudah ada. Komentar-komentar pendek pada program biasanya sudah cukup. Namun akan lebih baik jika dituliskan pada file terpisah untuk kemudian dicetak diatas kertas bilamana perlu.
  7. Perawatan. Langkah ini dilakukan setelah program selesai dibuat dan sudah digunakan oleh pengguna. Hal yang paling sering terjadi disini adalah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau mungkin juga pengguna ingin menambahkan fisilitas baru. Apabila hal seperti ini terjadi harus dilakukan revisi terhadap program.

Semoga bermanfaat….

  1. 7 Agustus 2014 pukul 12:17 AM

    Hey There. I found your weblog using msn. This iis aan extremely neatly written article.
    I’ll be sure to bookmark it and come back tto learn extra of your useful information. Thank you for the
    post. I’ll certainly comeback.

  2. 25 September 2014 pukul 11:22 AM

    Pretty sectiokn of content. I simply stumbled upon your website annd iin accession capital to claim that I
    acquire actually enjoyed account your blog posts. Any way I wilpl bee subscribing on yohr feeds or even I success you get entry to constantly
    fast.

  3. 9 Oktober 2014 pukul 8:07 AM

    When I initially left a comment I seem to have clicked the -Notify
    me when new comments are added- checkbox and from now
    on whenever a comment is added I recieve four emails with
    the same comment. There has to be an easy method you can remove me from that service?
    Kudos!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: